Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dari Ibadah HUT Getor Ke-75, Ini Sambutan Ketum PP PMTI

Sabtu, 26 Maret 2022 | Maret 26, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-03-27T07:00:59Z

Ketua Umum PP PMTI Mayjen (P) Yulius Selvanus Lumbaa, saat memberi sambutan pada acara HUT Gereja Toraja Ke-75 di halaman Kantor BPS Gereja Toraja, di Rantepao, Sabtu, 26 Maret 2022. (dok.ist)

PMTINEWS.com, Makassar l Meskipun HUT Gereja Toraja Ke-75 jatuh pada 25 Maret 2022, sesuai hari kelahiran, namun ceremony peringatan Hari Jadi Getor tersebut baru dilaksanakan 26 Maret lewat Ibadah Raya Syukur di halaman Kantor BPS (Badan Pekerja Sinode) Gereja Toraja dan Gereja Toraja Jemaat Rantepao.


Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang, sedang memberi sambutan dengan style-nya yang sedikit lucu. Sambutannya ini diakhiri dengan sebuah mob. (dok.ist)

Banyaki pihak diundang hadir dalam acara tersebut. Diantara yang hadir selain Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang dan unsur Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) yang lain, juga Ketua Umum PP PMTI Mayjen (P) Yulius Selvanus Lumbaa. Ia datang bersama Sekjen PMTI Dating Palembangan. 


Sebelum ibadah diawali dengan penampilan Marching Band dari siswa-siswi SMK Kr Tagari, kemudian disusul Devile dengan sejumlah atraksi seni-budaya, dan Parade Lettoan serta lainnya. Dalam parade tersebut ditampilkan rombongan delegasi dari masing-masing Klasis dan Jemaat Gereja Toraja. 


Tampak Ketua Umum PP PMTI Mayjen (P) Yulius Selvanus Lumbaa, duduk di deretan depan paling kanan, dengan busana khas Toraja warna kuning. Di samping kirinya, Pdt Daud Sangka. (dok.ist)

Tampak, Ketum PP PMTI Jenderal Selvanus begitu antusias memperhatikan jalannya acara. Hingga pada momen penyampaian sambutan dan ucapan selamat, mantan Kepala Badan Instalasi Rahasia Pertahanan (KABAINSTRAHAN) Kemhan RI ini tampil naik ke podium dengan busana khas Toraja.


Dalam sambutannya, Jenderal Selvanus menyampaikan apresiasi mendalam atas terselenggaranya perayaan HUT Gereja Toraja Ke-75. "Ini sangat luar biasa, apalagi Ketua Panitianya yang saya tahu Bobby Sangka, sekalipun tinggal jauh di Jakarta, mampu menunaikan tugas dan tanggung jawab yang diberikan," ujar Selvanus.


Ketua Umum PP PMTI Mayjen (P) Yulius Selvanus Lumbaa, bersama Ketua BPS Gereja Toraja, Pdt. DR Alfred Anggui, M.Th. (dok.ist) 

Pihaknya, kata Selvanus, mendoakan agar Gereja Toraja makin dewasa dan sukses serta diberkati Tuhan. "Kami di perantauan mendoakan Gereja Toraja, karena banyak masyarakat Toraja berada di luar bahkan sampai di luar negeri. Mereka tentu berharap Gereja Toraja berkembang terus," ungkap Jenderal dari klan Pahlawan Nasional Pongtiku ini. 


Sebelumnya, dalam sambutannya, Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang, menyampaikan rasa syukur atas pelaksanaan perayaan HUT Gereja Toraja Ke-75. "Kita bersyukur kepada Tuhan karena telah membawa Gereja Toraja berulang tahun ke-75," ucap Bupati Torut yang akrab disapa Ombas. 


Ketua PP PMTI Mayjen (P) Yulius Selvanus Lumbaa dan Sekjen, Dating Palembangan. (dok.ist)

Ombas berharap, dengan Hari Jadi Getor ini ada hikmah yang terkandung di dalamnya. Sehingga kehidupan spiritual makin baik dan terbawa ke dalam hidup bermasyarakat dengan saling menolong, menghormati dan menghargai. "Lebih bagus kalau kita hidup saling menghargai. Paling enak itu," timpalnya. 


Menurut Ombas, pelayanan Gereja tidak bisa dipisahkan dari pelayanan yang dilakukan pemerintah. Karena itu, pemerintah dan gereja adalah mitra sejajar yang dapat saling membantu sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing. Ombas menyebut program pembangunan untuk gereja tahun ini. "Pembangunan untuk gereja tahun ini ada," sebut mantan Wabup Timika ini. 


Suasana Ibadah Raya Syukur HUT Gereja Toraja Ke-75. (dok.ist)


Ombas juga menyinggung rencana festival paduan suara tahun ini. Ia minta, gereja mengambil bagian. "Tahun ini akan dilakukan festival paduan suara. Kita harap gereja-gereja menyemarakkan festival ini," pintanya. Program lain disebut Ombas, pembangunan Alun-alun Kota Eks Pasar Kalambe' atau Eks Pertokoan sebagai icon Toraja Utara. 


Rencananya tahun ini. Di bagian lain sambutannya, Ombas mengajak semua pihak atau masyarakat untuk membantu pemerintah melakukan kebersihan. "Apalagi Toraja Utara ini daerah pariwisata," terangnya seraya menekankan jika pihaknya concern dalam masalah ini. Hal lain, menjaga ketertiban lalulintas dan kamtibmas. (rony)

×
Berita Terbaru Update