Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Toraja Utara Bakal Miliki Perpustakaan Modern Bantuan Pemerintah Pusat

Kamis, 07 April 2022 | April 07, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-04-07T23:18:29Z

Drs Muhammad Syarif Bando, MM

PMTINEWS.com, Makassar l Dalam tahun anggaran 2022, tahun ini, bakal dibangun Perpustakaan Modern di Kabupaten Toraja Utara. Anggaran pembangunannya sebesar Rp10 miliar dari pemerintah pusat melalui Perpustakaan Nasional RI. Lokasinya berada di Art Center Rantepao. 


Lokasi tersebut sangat strategis karena berada di jantung kota Rantepao. Ini memudahkan akses masyarakat untuk datang ke perpustakaan. Bantuan sama sebelumnya diperoleh Kabupaten Tana Toraja tahun 2021. Pembangunan gedung perpustakaan ini sudah selesai dan telah digunakan. Gedungnya megah, berada di poros Kota Makale yakni Jalan Nusantara. 


Sinyal rencana pembangunan gedung Perpustakaan Modern untuk Toraja Utara ini sebelumnya memang telah disampaikan Kepala PERPUSNAS (Perpustakaan Nasional) RI, Muhammad Syarif Bando, tahun 2021 lalu. Saat itu, dilaksanakan Kegiatan Peningkatan Indek Literi oleh Perpustakaan Nasional RI di Aula Kantor Gabungan Dinas Pemkab Toraja Utara di Marante, Kecamatan Tondon. 


"Jika tidak ada aral melintang, tahun depan pemerintah pusat melalui Perpustakaan Nasional akan membangun gedung perpustakaan yang lebih representatif," ujar Syarif Bando. Gedung perpustakaan yang lebih representatif itu, katanya, bakal menjadi ikon Kabupaten Toraja Utara. Sehingga, salah satu persyaratan yang harus dipenuhi yakni, lokasi gedung perpustakaan harus berada di tengah ibukota kabupaten. 


Tanah yang di atasnya akan dibangun gedung perpustakaan harus milik Pemda, bersertifikat serta memiliki Amdal. "Dengan begitu, keberadaan gedung perpustakaan di Toraja Utara tidak bermasalah di kemudian hari," jelas Kepala Perpusnas, Syarif Bando. (rus)

×
Berita Terbaru Update