Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pemerintah Gelontorkan Dana APBN 27,5 M Lebih Untuk Jalan-Jembatan Di Torut

Selasa, 03 Mei 2022 | Mei 03, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-05-03T09:23:00Z


PMTINEWS.com, Makassar l Perhatian pemerintah pusat terhadap pembangunan di daerah tak pernah putus. Anggaran miliaran bahkan triliunan rupiah terus digelontorkan baik melalui DAU (Dana Alokasi Umum) maupun DAK (Dana Alokasi Khusus). Ada juga dana APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) yang langsung dikelola pihak Kementerian sesuai sektor atau bidang masing-masing. 



Seperti untuk bidang infrastruktur jalan dan jembatan melalui Kementerian PUPR. Dalam tahun 2022 ini, pemerintah lewat Kementerian tersebut menganggarkan dan menggelontorkan dana APBN sebesar Rp27,5 miliar lebih untuk pembangunan jalan dan jembatan di Kabupaten Toraja Utara. Satker kegiatan ini adalah Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah I Provinsi Sulawesi Selatan. 



Khusus jembatan, lokasi proyeknya berada di poros Trans Sulawesi di Lembang Tandung Nanggala, Kecamatan Nanggala. Menurut Pengawas dari BBPJN Sulsel, Efraim Bulo, pekerjaan proyek tersebut mulai efektif setelah lebaran. Nama paket proyek ini adalah Preservasi Jalan dan Jembatan Bts Sulbar-Makale Rantepao-Bts Kota Palopo dengan pelaksana PT Rancang Bangun Konstruksi dan konsultan pengawas PT Virama Karya (Persero). 



Nilai kontraknya sebesar Rp27.532.810.064,81 dengan item kegiatan, antara lain, preservasi pemeliharaan rutin jalan (117,98 km), preservasi rekonstruksi rehabilitasi jalan (2,30 km), preservasi jembatan (54,70 m), dan penggantian jembatan (18,60 m). Pemuka masyarakat Tandung Nanggala, Drs Rony Rumengan, mengapresiasi pemerintah pusat atas adanya proyek tersebut. "Apapun kita apresiasilah tapi harus juga dipantau," katanya di Tandung Nanggala, baru-baru ini. (rume/rus)

×
Berita Terbaru Update