Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mengenal Sosok Sangmaneta, Muhammad Taqwa Muller, Cawabup Lutim

Selasa, 28 Juni 2022 | Juni 28, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-06-28T23:38:05Z


PMTINEWS.com, Makassar l Mungkin masih banyak yang belum mengenal Sangmaneta yang satu ini. Membaca dan mendengar namanya, Muhammad Taqwa Muller, terasa asing di kalangan Solata atau Toraja. Namun yang pasti, seperti dirilis media ini yang lalu, sosok ini adalah adik bungsu mantan Bupati Luwu Timur (Lutim), Almarhum Ir H Muhammad Thoriq Husler. Nama Thoriq Husler melekat di hati orang Toraja di Lutim. 


Husler sendiri, dan tentu saja sang adik, Taqwa, masih berdarah Toraja, blasteran. Konon, kampungnya adalah Madandan. Tak heran, Keluarga Husler ini menjadi bagian dari masyarakat Toraja di Lutim. Selain sebagai bupati, juga pemuka masyarakat Toraja. Kini, sepeninggal Husler, tampuk atau estafet politik berpindah ke sang adik, Taqwa. Boleh dikata, diantara bersaudara, Taqwa yang paling dekat dengan Husler. 


Kedekatan ini saat Husler jadi wakil bupati. Ia banyak ditempa atau dikader oleh sang kakak. "Tahun 2010 sampai dengan 2015 saya bekerja di Pemda Luwu Timur sebagai sopir wakil bupati mendampingi almarhum kk pak husler," ujar Taqwa, via pesan WA, baru-baru ini. Namun ketika Husler naik jadi Bupati Lutim, Taqwa tidak lagi jadi sopir. "Almarhum larang. Mungkin merasa tidak enak," ungkapnya. 


Menariknya, istri Taqwa ternyata juga berasal dari Toraja. Kampung asal Febriana Rombe, sang istri, adalah Bori. Sekampung dengan mantan Bupati Toraja Utara, Kala'tiku Paembonan. Dari perkawinannya dengan Febriana, pria kelahiran Atambua tahun 1977 ini, memiliki 6 orang anak. "Biasa bulan Desember, saat Natal, kami pulang kampung jenguk keluarga di Bori," tutur Taqwa luwes. 


Pimpinan Umum PMTINEWS, Drs Rony Rumengan, bersama Muhammad Taqwa Muller, di Warkop Sahabat, persimpangan Jl Lagaligo-Jl Lasinrang, Makassar. (dok.pnews)

Karakter dan sikap pluralis Taqwa ini mirip dengan cara dan gaya Husler. "Tentu ini jadi modal dia untuk diterima berbagai kalangan di masyarakat Lutim. Dan ini juga cerminan bagaimana dia berinteraksi dengan koleganya atau sesama politisi atau legislator di dewan. Beliau potensial dan masa depan bagi masyarakat Lutim," ucap Drs Rony Rumengan, Ketua YAPITO (Yayasan Peduli Tondok Toraya). 


Taqwa, kini berstatus sebagai Anggota DPRD Provinsi Sulsel dari Fraksi Partai Golkar. Jabatan ini rela ditinggal untuk maju sebagai calon Wakil Bupati Lutim guna mengisi kekosongan jabatan wabup setelah Thoriq Husler wafat. Abang Taqwa ini keburu dipanggil Tuhan di tengah pandemik yang lalu sebelum dilantik sebagai bupati terpilih kedua kalinya. Wabup terpilih, Budiman Hakim, pun dilantik menggantikan Husler. (topan)

×
Berita Terbaru Update