Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

DPD RI Berpeluang Jadi Anggota AIPA Wakili Indonesia

Minggu, 18 September 2022 | September 18, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-18T09:40:41Z

Senator Lily Amelia Salurapa, SE, MM bersama Sekjen AIPA, Nguyen Tuong Van. (dok.ist)

PMTINEWS.com, Jakarta l Badan Kerja Sama Parlemen (BKSP) DPD RI menggelar Rapat Kerja dengan ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) di Kantor Sekretariat AIPA, Jl. Sisingamangaraja No. 70A, Heritage Building, Lantai 5, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (15/9). Raker ini resminya berjuluk Courtessy Call BKSP DPD RI Dengan Yth. Sekretaris Jenderal AIPA. 


Senator Lily Amelia Salurapa (kanan), tampak sedang mengikuti Raker DPD RI-AIPA di Sekretariat AIPA di Jakarta. (dok ist)

Sejumlah Anggota BKSP DPD RI diterima baik Sekretaris Jenderal AIPA, Nguyen Tuong Van. Diantara yang hadir, tampak Lily Amelia Salurapa, SE,.MM, Senator asal Sulsel. Menurut Sylviana Murni, Ketua BKSP DPD RI, pihaknya berpeluang menjadi Anggota AIPA mewakili Indonesia. “AIPA membuka kesempatan DPD RI untuk bergabung sebagai bagian dari parlemen Indonesia, namun ada beberapa hal yang harus dipersiapkan agar pelaksanaannya berjalan dengan lancar,” ujar Sylviana Murni, Jumat (16/9). 


Foto bersama di sela Raker DPD RI-AIPA di Jakarta. (dok.ist)

Untuk itu, Sylviana juga telah berkoordinasi dengan Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI terkait agenda menjadikan DPD RI sebagai member AIPA. “Karena memang ketentuannya untuk menjadi member AIPA adalah satu lembaga dari satu negara. Dan tahun depan, DPD RI insya Allah akan mulai menjadi member AIPA,” ucapnya.


Peserta Raker DPD RI-AIPA foto bersama, tampak Sylviana Murni dan Nguyen Tuong Van (tengah). Juga terlihat Lily Amelia Salurapa (ke-3 dari kanan). (dok.ist)

Momen ini menjadi kesempatan yang baik dalam meningkatkan kerja sama ke depan. “Karena itulah kita sangat berterima kasih sekali, kenapa? Karena ini adalah lembaganya Parlemen, di Indonesia kita sudah tahu bahwa parlemennya adalah DPD dan DPR, maka ketika masuk ke ASEAN, kita juga harus memperkenalkan bahwa di Indonesia juga ada dua lembaga parlemen,” jelasnya. 


Hasil Raker dengan AIPA ini, kemudian disampaikan kepada Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono. Beberapa poin penting dilaporkan dapat menjadi bahan tindaklanjut mendatang. “Kami mendukung upaya BKSP dan akan membahas lebih lanjut dengan Wakil ketua DPD RI, Sultan B. Najamudin dan Pimpinan DPD RI lainnya,” timpal Nono. (*/rus)

×
Berita Terbaru Update