Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

UNK Sulsel Dukung UMKM Dapat Sertifikat Halal Gratis Pemerintah

Rabu, 14 September 2022 | September 14, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-14T10:27:22Z

Tampak Ketua UNK Sulsel, Abta Paonganan, membuka Kegiatan Pendampingan Lagalitas Sertifikasi Halal Gratis untuk Pelaku UMKM, di Ruang Meeting Green Cafe, Lantai II, Kota Makassar. (dok.ist)

PMTINEWS.com, Makassar l Sejumlah pelaku UMKM menerima arahan pendamping dari PLUT Sulsel di Meeting Room Green Cafe, Lantai II Kota Makassar, Minggu (11/9). Arahan ini terkait tata cara proses pendaftaran secara online dalam mendaftarkan produk untuk mendapat sertifikat halal gratis. Program pemerintah ini dimaksudkan  untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi. 


Pemerintah mendukung UMKM dengan memberi fasilitas Sertifikat Halal Gratis itu melalui BPJPH. Dengan cara ini, UMKM dapat melebarkan pangsa pasarnya ke berbagai segmen dan ritel di Indonesia. "Kegiatan ini atas kolaborasi antara DPD Komunitas UMKM Naik Kelas Prov Sulawesi Selatan (disingkat DPD UNK Sulsel) dan PLUT Sulawesi Selatan dalam menjembatani UMKM yang belum mengetahui dan mendapatkan informasi program SEHATI (sertifikat halal gratis)," ujar Abta Paonganan, Ketua DPD UNK Sulsel dan Pengurus Dewan Ekonomi Indonesia Timur (DEIT) Sulsel Bidang UMKM. 


Ketua UNK Sulsel, Abta Paonganan, berfoto bersama peserta kegiatan Pendampingan Legalitas Sertifikasi Halal Gratis. (dok.ist)

Menurut Abta, pihaknya juga sudah membentuk Koperasi Pemasaran UMKM. "Target kita kedepannya melalui koperasi, produk yang sudah siap masuk ritel salah satunya sudah memiliki sertifikat halal, kedepannya kita pasarkan melalui koperasi untuk masuk ke ritel, mirip dengan model bisnis koperasi yang menjadi off taker di sektor pertanian, tapi belum full of taker karena kami baru memulai belum padat modal kerja, sedangkan model off taker tentunya dibarengi dengan modal kerja yang besar, semogalah pemerintah bisa mendukung kami ke depannya," ungkap Abta PAONGANAN lagi.


Seorang dari peserta kegiatan ini, pelaku UMKM bernama Ani, mengaku sangat terbantu. "Saya pribadi sangat terbantukan dengan info dan ilmu serta fasilitas yang diberikan oleh panitia dalam kegiatan penyuluhan dan pendampingan pendaftaran sertifikat halal gratis. Apalagi panitia tidak memungut biaya untuk mengikuti kegiatan ini dan pendamping sangat baik dan ramah membimbing kami. Terimakasih banyak," cetusnya.


Peserta Kegiatan Pendampingan. (dok.ist)

Kegiatan bertema 'Melalui Sertifikasi Halal Gratis Untuk UMKM Kita Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat' ini dibuka sendiri Abta Paonganan selaku Ketua UNK Sulsel. Hadir Koordinator Kegiatan Rinisiola dengan sekaligus memberi sambutan, serta Ria dari PLUT Sulsel yang menyampaikan pemaparan penyuluhan dan pendampingan. (topan)

×
Berita Terbaru Update