Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Rael Rabang Matasik Dilantik Jadi Ketua IKaT Luwu Utara, Frederik Kalalembang: Ke depan Dapat Mandiri

Rabu, 30 November 2022 | November 30, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-12-01T00:20:24Z

Tampak Ketua Umum IKaT Nusantara, Irjen Pol (P) Drs. Frederik Kalalembang, sedang menandatangani naskah pelantikan, disaksikan Wabup Luwu Utara Suaib Mansur (tengah) dan  Ketua IKaT Luwu Utara Dr. Rael Rabang Matasik (kanan). (dok.ist)

PMTINEWS.com, Makassar l Bertambah lagi anggota Ikatan Keluarga Toraja Nusantara (IKaTNus). Ketua Umum IKaTNus, Irjen Pol (P) Drs. Frederik Kalalembang, melantik atau mengukuhkan Pengurus IKaT Kabupaten Luwu Utara periode 2022-2025 di Aula Lagaligo, Kantor Bupati Luwu Utara, Rabu (30/11) sore. 


Pengurus IKaT Luwu Raya yang dilantik ini diketuai Dr. Rael Rabang Matasik. Hadir Wakil Bupati Luwu Utara Suaib Mansur, Bobby Sangka, serta undangan lainnya. Usai melantik, Frederik Kalalembang mengajak pengurus IKaT Luwu Utara agar ke depan dapat mandiri. Salah satu caranya dengan membuat usaha kecil-kecilan. 


"Kita bisa membuat usaha peternakan, dimulai dari yang kecil-kecil. Bisa seperti saya membuat peternakan ayam," timpalnya. Ia meminta pengurus IKaT tidak segan-segan menghubungi dirinya jika membutuhkan bantuan. "Tapi jangan juga main judi, mau juga dibela," ujarnya.


Sementara Rael Rabang memaparkan, populasi orang Toraja di Luwu Utara mencapai 34.750 jiwa atau sekitar 15 persen dari total penduduk Lutra. "Cukup bagus ya pak wakil untuk politik," canda Rael kepada Wabup Lutra, Suaib Mansur. Rael juga menyebut, program mendasar yang ia akan jalankan adalah mendata orang Toraja dengan menggunakan aplikasi. 


Di baris depan, tampak Ketum IKaTNus, Irjen Pol (P) Drs Frederik Kalalembang (kiri), Wabup Luwu Utara Suaib Mansur (tengah), dan Ketua IKaT Luwu Raya Dr. Rael Rabang Matasik (kanan). Di barisan belakang, jajaran pengurus IKaT Luwu Utara. (dok.ist)

"Kita akan lakukan pendataan keluarga Toraja, sementara kita siapkan aplikasinya," ungkapnya. Rael juga berjanji akan memperkuat pengurus hingga tingkat dusun. "Pengurus kita akan perkuat hingga ke tingkat dusun," beberrnya.


Wabup Luwu Utara Suaib Mansur, menyambut positif eksistensi IKaT di daerahnya. Kehadiran IKaT, katanya, semakin mempertegas bahwa Luwu Utara merupakan daerah heterogen. "IKAT adalah aset atau penguat dari seluruh aset yang dimiliki Luwu Utara, hadirnya kita menegaskan Luwu Utara memang heterogen," ucapnya.


Namun meski beragam, masyarakat Luwu Utara harus tetap hidup harmonis. "Tadi disebutkan populasi keluarga Toraja sekitar 15 persen, artinya masih ada 85 persen, saya meminta kita bisa hidup berdampingan dengan saudara kita dari paguyuban lain," pintanya.


Momen pelantikan ini juga dimanfaatkan Wabup Suaib mengucapkan terima kasih atas andil orang Toraja saat Luwu Utara dilanda banjir bandang 2020 lalu. "Ketika kami dilanda bencana, bantuan dari saudara kita dari Toraja sangat membantu kami, baik secara moril maupun materil," tutur Suaib. 


Berikut Komposisi Pengurus Inti IKAT Luwu Utara Periode 2022-2025: 


Ketua Umum

Dr Rael Rabang Matasik


Wakil Ketua I 

Desmin Tinta 


Wakil Ketua II

Matius Sarif


Sekretaris Umum

Astra Sirenden 


Wakil Sekretaris

Sirdayati Bunga Tasik


Bendahara

Afrida


Wakil Bendahara

Andi Kasmawati. 


(rus)

×
Berita Terbaru Update