Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kembali Calon, Senator Lily Salurapa Serahkan Syarat Dukungan untuk Pemilu 2024

Rabu, 28 Desember 2022 | Desember 28, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-12-28T22:18:22Z

Senator Lily Amelia Salurapa, saat mendaftarkan diri jadi Calon Petahana Anggota DPD RI. Lily tampak menyerahkan secara simbolis dokumen syarat pencalonan kepada pihak KPU didampingi stafnya. (dok.ist)

PMTINEWS.com, Makassar l Senator Lily Amelia Salurapa yang juga Petahana, secara resmi telah mendaftarkan diri sebagai Calon Anggota DPD RI mendatang. Lily Salurapa datang langsung ke KPU Sulsel, di Hotel Mercure, Makassar, Rabu (28/12). Ia menyerahkan syarat dukungan minimal pemilih Bakal Calon DPD RI Sulawesi Selatan Pemilu 2024.

 

PROSES PENDAFTARAN CALON: Tampak Senator Lily Salurapa dengan busana khas Toraja warna coklat (tengah), di hadapan anggota KPU Sulsel. (dok.ist)

"Dukungan yang diserahkan sebanyak 3.172 dari jumlah dukungan yang disiapkan sebanyak 10.000 dukungan dengan sebaran di 24 Kota dan Kabupaten Se-Sulawesi Selatan," ungkap Daniel Paul, Liaison Officer (LO) Lily Salurapa, ketika ditemui awak media usai penyerahan persyaratan dukungan kepada KPU. 


Senator Lily tampak sedang bertandatangan di depan petugas KPU Sulsel. (dok.ist)

Dari dokumen yang diserahkan, daerah terbanyak yang memberi dukungan adalah Toraja Utara dengan jumlah 1.110 dukungan, sedangkan sisanya tersebar di 23 Kabupaten/Kota lainnya di Sulsel. Lily Salurapa didampingi Daniel Paul selaku LO, Hasni Basri serta sejumlah staf yang lain. Dokumen yang diserahkan berupa surat penyerahan dukungan minimal pemilih (Model F-Penyerahan Dukungan DPD) dan surat pernyataan (Model F1-Pernyataan Dukungan DPD).


Dokumen ini diterima Koordinator Penyerahan Syarat Dukungan. Kemudian, dilanjutkan dengan pemeriksaan kelengkapan dokumen. Penyerahan secara simbolik langsung dilakukan Senator Lily Salurapa sebagai Calon Anggota DPD RI di Pemilu 2024. Hadir dalam penyerahan dokumen, selain Komisioner Bawaslu Sulsel, juga sejumlah staf pemantau. 


Senator Lily sedang menjawab pertanyaan awak media sambil memberi penjelasan, sesaat setelah mendaftar dan menyerahkan dokumen syarat pencalonan. (dok.ist)

Ditanya awak media tentang kehadirannya secara langsung, Srikandi Sulsel asal Toraja ini, mengatakan, dirinya sangat menghargai dan mengapresiasi lembaga penyelenggara pemilihan umum di Indonesia yang tidak lain adalah Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI). 


“Dalam semua proses tahapan pencalonan menjadi Anggota DPD RI saya selalu mengusahakan untuk hadir dimanapun saya berada, ketika panggilan KPU meminta saya hadir saya akan berusaha hadir, sebagai bukti keseriusan saya dalam mengikuti kontestasi pemilihan Anggota DPD RI,” tegas Lily.


Senator Perempuan ini memang dikenal sebagai pribadi yang disiplin, dan ini sudah tertanam dalam dirinya dari kedua orang tuanya. Tidak heran, Badan Kehormatan (BK) DPD RI memberinya penghargaan atas kehadiran yang hampir sempurna pada rapat dan sidang DPD RI. 


Senator Lily (ke-5 dari kanan) berfoto bersama staf dan tim pemenangan sesaat setelah pendaftaran dan penyerahan dokumen syarat pencalonan Anggota DPD RI. (dok.ist)

Peraih Penghargaan The Best Woman Inspiratif 2022 ini menambahkan, keterwakilan perempuan sangat penting dalam kepemimpinan nasional baik di Lembaga Legislatif maupun Lembaga Eksekutif, karena perempuan adalah tonggak berdirinya sebuah bangsa yang melahirkan generasi penerus bangsa. Sehingga untuk memperjuangkan hak-hak perempuan sangat penting adanya keterwakilan perempuan.


Diketahui, Lily Salurapa merupakan peraih suara terbanyak kedua DPD RI di Pemilu 2019 lalu. Ia berhasil meraih 474.696 suara masyarakat. Sudah tiga tahun semenjak Lily  terpilih menjadi Anggota DPD RI, kiprahnya di Senayan sangat jelas dengan hadirnya berbagai program pemerintah yang sebelumnya sulit didapatkan oleh masyarakat Sulawesi Selatan, kini sudah dapat dirasakan manfaatnya, 


"Ini bukti kemampuan atau kapasitas Lily Salurapa sebagai Anggota DPD RI yang berjuang menjembatani kepentingan masyarakat Sulsel  dengan Kementerian atau Lembaga lain di pusat demi kemajuan pembangunan di berbagai bidang," tandas Daniel Paul, kepada awak media. (rob/rus)

×
Berita Terbaru Update