Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Senator Ke depan, Harus Mampu Ciptakan Peluang Kerjasama Antar Negara

Senin, 19 Desember 2022 | Desember 19, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-12-19T14:55:22Z


PMTINEWS.com, Jakarta l Ada statement menarik dilontarkan Aktivis Toraja Transparansi, Thonny Panggua, SH, terkait calon Anggota DPD (Dewan Perwakilan Daerah) RI atau Senator khususnya untuk Dapil Sulawesi Selatan. Dalam pandangan Thonny, idealnya untuk menjadi seorang senator sedapat mungkin yang bersangkutan mampu menciptakan peluang dengan membangun komunikasi dalam rangka kerjasama antar negara. 


"Saya kira ini bukan hanya tugas eksekutif tapi juga legislatif. Dalam tataran ini tentu saja peran DPD RI sangat diharapkan melalui para anggotanya selaku negarawan. Nah untuk itu tentu para anggota DPD atau Senator diharapkan punya bekal atau potensi diri dalam berkomunikasi untuk menunjang tugas mereka dalam membuka peluang kerjasama dengan negara lain. Apalagi di era global dengan teknologi digital saat ini," ujar Thonny. 


Hal ini disampaikan Thonny menyikapi beberapa nama bakal calon Anggota DPD RI khususnya untuk Dapil Sulsel. Dari nama-nama balon tersebut, terdapat beberapa figur asal Toraja. Salah satu dari mereka adalah Senator Lily Amelia Salurapa. "Saya kira dari nama balon yang ada khususnya dari Toraja itu, gampang kok memilih mana yang layak dan berkompeten untuk kekinian. Tinggal lihat plus minusnya. Kemudian lihat nilai tambahnya," imbuhnya. 


Kepada awak media, via telepon genggam, malam ini, Senin (19/12), Thonny secara khusus meminta Senator yang akan datang, mampu berkomunikasi dengan penguasaan bahasa asing sebagai bahasa internasional. "Minimal mengerti dan bisa berbicara dalam bahasa Inggris. Mungkin ini berlebihan, karena tidak semua balon atau calon bisa melakukannya. Tapi idealnya begitu. Saya kira masyarakat tinggal menakar mana yang afdol," ketus Thonny. (rus)

×
Berita Terbaru Update