Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Komunitas Sangtorayan “ForGAN Solata”, Dukung Ganjar Pranowo Jadi Capres

Sabtu, 21 Januari 2023 | Januari 21, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-01-22T03:05:00Z

Foto bersama Ganjar Pranowo, beberapa waktu lalu. (dok.ist)

PMTINEWS.com, Jakarta l Derasnya dukungan politik mengalir kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, sudah mulai terlihat menjelang pesta demokrasi 2024 sekarang ini. Komunitas orang Toraja yang berdomisili di Jabodetabek, tidak ketinggalan mengambil peran. Mereka membentuk perkumpulan Sangtorayan secara nasional bernama ForGAN Solata. 


Wadah ini resmi dibentuk di Cafe Vin+Arcadia, Jl. New Delhi Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (20/1). Hadir, di sela makan siang bersama, antara lain, Bobby Sangka, David Allorerung, Rawenna Batti, Rustan Serawak, Arie Halim, Andre Palambik, dan Alex La’lang. Dalam pertemuan ini, telah ditetapkan pengurus pusat ForGAN Solata diketuai Drs. April Bulo. 


Foto bersama pertemuan pertama pembentukan ForGAN Solata, 29 April 2022. (dok.ist)

Meskipun tidak sempat hadir, April, saat dikonfirmasi lewat sambungan ponsel tentang kesediaannya menjadi pengurus, menyatakan bersedia menjadi Ketua. Sedang jabatan Sekretaris dijabat Rustan Serawak. Selanjutnya, Wakil Sekretaris Miliki Sidiq, dan Bendahara Andre Palamba. Posisi Ketua Dewan Pembina dijabat DR David Allorerung. 


Sementara Wakil Ketua Dewan Pembina ditunjuk, masing-masing, Yacobus Camarlow Mayong Padang dan Bobby Sangka. Untuk deklarasi, segera akan digelar setelah kepengurusan lengkap terbentuk. Deklarasi ini sendiri bakal dihadiri Ganjar Pranowo. Pada kesempatan itu, David Allorerung kembali menyampaikan hasil pertemuan lalu.


Kiri: David Allorerung, Bobby Sangka, Arie Halim, dan Kanan: Rawenna Batti', Rustan Serawak, Andre Palamba. (dok ist)

Pertemuan dengan Ganjar Pranowo dan beberapa warga Toraja saat itu berlangsung di Jl. Darmawangsa VII No. 26 Jakarta Selatan, 18 Juni 2022. "Saya sampaikan kepada Pak Ganjar Pranowo, pertama orang Toraja itu benar-benar NKRI, kedua solidaritasnya tinggi berakibat kuatnya persatuan dan kesatuan RI. Contoh konkrit, pada Pilkada Sulsel. Baik Pilgub maupun Pilwali, selama empat kali Toraja jadi penentu kemenangan," kenang David, tampil jadi jubir ketika itu. 


David menambahkan, komunitas Toraja ada di mana-mana dan solid. Seperti di Papua, Sulawesi, Kalimantan, Jakarta, Batam dan lainnya. Mereka tersebar dan diperkirakan berjumlah 3 jutaan orang. “Begitu juga tingkat Nasional, Pilpres 2019, dukungan kepada Jokowi, Tana Toraja 92% dan Toraja Utara 95%, ini menunjukkan betapa sensitifitasnya masalah Bhineka Tunggal Ika berlandaskan Pancasila," papar David. 


2024 nanti, masih menurut David Allorerung, apabila Ganjar Pranowo memang maju jadi Capres, menjadi bargaining untuk Sangtorayan karena ikut andil dalam dukungan kepada Ganjar Pranowo. Pasalnya, orang Toraja bisa jadi ujung tombak, sehingga posisi tawarnya mumpuni dan punya potensi keahlian tampil pada posisi jabatan politis. David menyebut, William Allorerung bisa menjadi menteri. 


Kiri-Kanan: William Allorerung, David Allorerung, Rustan Serawak, Charles W Batara Rundupadang, Emmy Rante, Brent Lita, Ganjar Pranowo, Felix R Rantetampang. Pertemuan ini tanggal 18 Juni 2022. (dok.ist)

"Juga Bobby Sangka, pengusaha muda Toraja di bidang IT, bisa menjadi Menkominfo, atau minimal 

menduduki jabatan politis lainnya seperti Komisaris BUMN” beber sosok berciri khas 'rambut putih' ini. Dari segi keamanan nasional, kata David, sangat kuat dan bisa satu putaran jika Ganjar Pranowo sebagai Capres menggandeng Prabowo Subianto. "Mantap banget itu, dukungan dari Sangtorayan seratus persen,” timpalnya meyakinkan. 


Begitu pula dilontarkan Bobby Sangka. Ia yakin, potensi kemenangan besar apabila kader internal PDIP nanti mengusung Ganjar Pranowo. “Saya akan dukung penuh siapapun pilihan PDIP Capres nantinya,” ucap Bobby singkat. Bobby ini juga berencana maju Pilkada Toraja Utara yang akan datang dengan mengincar 01. (rony)

×
Berita Terbaru Update