Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Diikat Janji Suci, Viliyanti Serawa'-Nevy Pakan Langsungkan Pernikahan

Minggu, 19 Maret 2023 | Maret 19, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-20T00:20:57Z

Pemberkatan Nikah Viliyanti Serawa', SE dan Alexander Nevy Lalanlangi Pakan, S.S.T.Pel, oleh Pdt. Taruk Banni, MM, MTh. (dok.men)


PMTI
NEWS.com, Jakarta - Membangun rumah tangga baru memang menjadi harapan bagi setiap orang yang ingin berkeluarga. Prosesnya tentu diawali dengan masa pacaran hingga bertunangan. Tapi ada juga karena dijodohkan, kemudian saling mengenal hingga ada kecocokan dan akhirnya menikah. Pernikahan itu dimulai dengan pemberkatan nikah di gereja hingga acara resepsi. 


Penandatanganan Akte Pernikahan, kedua mempelai, pendeta dan saksi. (dok.men)

Begitu pula dialami Viliyanti Serawa', SE dan Alexander Nevy L. Pakan, S.S.T.Pel. Keduanya memutuskan untuk saling mengikat janji suci dalam acara pemberkatan nikah di Gereja Toraja Kelapa Gading di Jl. Boulevard Bukit Gading Raya No. 20, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu (18/3) siang. Perkenalan dua insan ini kurang lebih 5 tahun hingga berbuah manis


Pemasangan Cincin Kedua Mempelai. (dok.men)

Viliyanti Serawa' yang akrab dipanggil Lia, adalah anak ketiga dari pasangan Dalle Serawa', SH dan Martha Sulle, SPd. Sedang Alexander Nevy L.Pakan atau Nevy adalah anak kedua dari pasangan Kolonel Laut (P) Drs. Hendra Pakan dan Justina Susi Utami, Amd.Kes. 


Acara Pedang Pora dari STIP Jakarta, di gedung resepsi. (dok.men)

Acara pemberkatan nikah ini dipimpin Pdt.Taruk Banni’, MM, MTh, dari Gereja Toraja Jemaat Galaxi. Dalam khotbahnya, Pdt. Taruk menyinggung tentang keharusan menikah. Katanya, itu karena perintah Tuhan. “Dalam Firman Tuhan, seorang laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya, kenapa ditulis tidak perempuan, dan bersatu dengan istrinya, meninggalkan ayah dan ibunya, bahwa laki-laki akan membentuk keluarga yg kuat, dalam karya Kristus, pernikahan Kristen tidak mengenal poligami, sehingga gereja tidak merestui perceraian,” ucapnya. 


Paduan Suara Gereja Toraja Jemaat Galaxi. (dok.men)

Menurut Pdt. Taruk, dalam kearifan lokal Toraja selalu ada pranata atau tatanan adat dan budaya khas.  "Iyamo to disamben lan rampanan kapa’ kumua yang menikah adalah seluruh keluarga dari kedua mempelai. Artinya, keturunan-keturunan Toraja dalam pranata dalam rampanan kapa’, iyanna den rezekimmi, tae'na den ma'barira sangpiak, dan arahkan kita takut akan Tuhan,” tegasnya.


Foto bersama: Patana Rantetoding, kedua orang tua mempelai, Viliayanti dan Nevy. (dok.men)

Pemberkatan nikah ini berlangsung dari jam 13.00 hingga 14.30 WIB. Hadir selain kerabat keluarga kedua mempelai dari berbagai daerah, juga para tamu undangan lainnya. Seperti, Mantan Bupati Toraja Utara DR. Kalatiku Paembonan, MSi, Ketua Umum ARDIN DR. John Palinggi, MBA serta lainnya. Sesi acara ini diiringi musik instrumentalia 'In Moment Like This' oleh Kristia Adista Tondok, serta paduan suara dari Gereja Toraja Jemaat Galaxi. 


Viliyanti dan Nevy serta John Palinggi, bersama Majelis Jemaat Gereja Jemaat Galaxi. (dok.men)

Usai pemberkatan, malam harinya, jam 19.00-21.00 WIB, dilanjutkan dengan acara resepsi. Suasana acara tampak santai, saat memasuki ruangan dengan nuansa ornamen Toraja. Prosesi resepsi ini dimulai dengan Ma'parapa’ dibawakan Pylus Sita, sebagai ungkapan mengantar orang tua kedua mempelai naik ke panggung pelaminan. Setelah itu disusul upacara Pedang Pora dari STIP Jakarta, mengiringi kedua mempelai Viliyanti dan Nevy menuju pelaminan. Ini sebagai wujud kepedulian dan penghormatan atas dukungan moral Taruna Junior kepada seniornya. Mereka berjumlah 25 personil. 


Kiri ke kanan: Kalatiku Paembonan, Dalle Serawa', dan Martha Sulle. (dok.men)

Tampil mewakili keluarga kedua mempelai, DR. Ir. Patana Rantetoding, MSc, PhD. Mantan Dirjen di KemenPUPR ini menyampaikan terima kasih kepada seluruh tamu serta undangan yang yang hadir. Juga tampak Ir. Jonathan Limbong Parapak, M.Eng.Sc, Laksda (P) drg. Andriani, Sp.Ort, Brigjen (P) Ahmad Tamim Mustapa, Kolonel TNI AD ( P) Atto Salurapa, SH, MH, Ir. Ronny D. Tulak, MM. 


Acara resepsi ini dihibur Sky Wedding Entertainment pimpinan Ibu Sari dan Singer oleh Pupu serta Keyboard, Andre. Acara ini dipandu MC Sendy. (men/rony)

×
Berita Terbaru Update