Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Komite III DPD RI Studi ke Belanda, Terkait RUU Budaya Adat Nusantara

Selasa, 28 Maret 2023 | Maret 28, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-29T03:19:35Z

Senator Lily Salurapa, menyampaikan Cinderamata kepada Duta Besar RI untuk Belanda, Mayerfas. (dok.ist)

PMTINEWS.com, Jakarta l Dalam rangka Penyusunan Inisiatif RUU tentang Perlindungan dan Pelestarian Budaya Adat Kerajaan Nusantara, Komite III DPD RI mengadakan Studi Referensi ke negeri Belanda, dari 15 - 21 Maret 2023, dipimpin Ketua Komite III, Hasan Basri. Rombongan senator ini tiba di Bandar Udara Internasional Schiphol Amsterdam, Rabu (15/3) siang. Penerbangan ke Belanda ini melalui rute Jakarta-Dubai-Amsterdam.


Turut dalam rombongan, Senator asal Sulsel, Lily Amelia Salurapa, SE, MM. Setibanya di Bandara Schiphol, rombongan langsung menuju Zaanse Schaans (Desa Kincir Angin) dan Volendam, sebelum sampai di hotel. Rombongan Senator Komite III ini menginap di Hotel Mercure Amsterdam North Station, Termini 11, 1022LB, Amsterdam, Nederland.


Kepada awak media, Senator Lily Salurapa menyampaikan maksud kunjungannya ke Belanda bersama anggota Komite III yang lain. "Ini dalam rangka kami Komite 3 DPD RI meeting dengan beberapa kementerian terkait di sana, termasuk dengan pihak Manajemen Kerajaan Belanda sekaligus dalam rangka pembahasan RUU Kerajaan Nusantara dan RUU Cagar Budaya yang kami Komite 3 sementara godok dan rumuskan. Mohon doanya agar dapat terealisasi dgn baik. AmiinπŸ™πŸ™," ujar Lily Salurapa lewat pesan WA-nya.


Dari Amsterdam Belanda, Senator Perempuan ini, menyampaikan jika ia bersama rekannya yang lain sedang mengadakan pertemuan dengan Kementerian terkait serta Kementerian lainnya di Belanda. Juga meeting dengan Manajemen Royal Family Keluarga Kerajaan Belanda. "Dan yang paling penting adalah untuk penyusunan RUU Kerajaan-Kerajaan Nusantara dan RUU Cagar Budaya," timpalnya.


Agenda lain selama kunker Komite III DPD RI ini, adalah mengadakan pertemuan dengan pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Belanda serta pertemuan dengan KITLV (Akademisi). Juga pertemuan di Binnenhof, Den Haag Centrum. Jumat, 17 Maret, rombongan menuju KBRI Den Haag dan bertemu dengan Dubes RI di Belanda, Mayerfas, bersama jajarannya, serta kunjungan ke Rijks Museum (Museum Straat 1, 1077 XX Amsterdam, Belanda). 


Dalam pertemuan dengan pihak Kedubes RI ini, Senator Lily Salurapa menyampaikan cinderamata kepada Dubes RI, Mayerfas. "Saya menyerahkan cinderamata kepada Duta Besar Yang Mulia dan Berkuasa Penuh Bpk Mayerfas," ucap Senator yang juga Top 4 Tokoh Kartini Inspirasi Perempuan Sulawesi Selatan.


Dari Belanda, Para Senator ini menuju Paris, dan ke Batemus Saint River, serta menginap di Mercure La Defense. Beberapa objek wisata lain juga dikunjungi hingga Minggu, 19 Maret. Sehabis kunjungan wisata ini, mereka kemudian kembali ke Amsterdam guna mengadakan pertemuan dengan The Royal Collection of the Netherlands (Lembaga yang menangani koleksi Budaya dan Sejarah Kerajaan Belanda). 


Selasa (21/3) malam, para anggota DPD RI ini kembali ke Indonesia dengan penerbangan melalui Dubai-Jakarta dan tiba di Bandara International Soekarno-Hatta. Perjalanan dinas Senator Lily ini tampaknya mengundang perhatian Alfred Tanduk Palembangan, mantan Dubes RI untuk Republik Kuba dan Venezuela. "Congrats atas kunjungan kerjanya ke LN dlm rangka persiapan dan penggarapan RUU Kerajaan-Kerajaan dstnya," ungkapnya lewat pesan WA, baru-baru ini. (james)

×
Berita Terbaru Update