Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Presiden Prabowo Tunjuk Putra Toraja, Iwan Sumule, Jadi Wakil II Badan PPK

Selasa, 22 Oktober 2024 | Oktober 22, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-22T07:06:16Z
Iwan Sumule


PMTINEWS.com, Jakarta l Presiden Prabowo Subianto melantik seorang putra Toraja, Iwan Sumule, menjadi Wakil II Badan Percepatan Pengentasan Kemiskinan (PPK), di Istana Negara, Selasa, 21 Oktober 2024. Ketua Majelis Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (Prodem) ini mendampingi Budiman Sudjatmiko sebagai Kepala Badan Percepatan Pengentasan Kemiskinan.


Pria kelahiran Makassar ini dikenal sebagai aktivis yang kerap menyuarakan kebebasan demokrasi di Indonesia. Iwan tercatat menempuh pendidikan sarjana Fakultas Teknik Sipil di Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta sejak 1991-1997. Selama kuliah itu, Iwan sudah menduduki posisi di beberapa organisasi.


Pada 1996-1995, Iwan tercatat pernah menjabat sebagai Plt Ketua Senat Mahasiswa Perguruan Tinggi UKI Jakarta. Pada tahun yang sama, Iwan juga menjadi Koordinator Forum Komunikasi Teknik Sipil se-Indonesia (FKMTSI) Wilayah V.


Selain itu, Iwan juga tercatat sebagai pendiri Lembaga Bantuan Hukum Nusantara (LBHN) Jakarta. Dia juga menjadi Ketua Indonesia Law Enforcement Watch (ILEW) sejak 2003 hingga saat ini.


Pada 2009-2013, Iwan pernah berada di lingkaran Istana Negara di era Presiden keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yakni menjadi Asisten Staf Khusus (Stafsus) Presiden di Sekretariat Kabinet.


Kemudian 2018, Iwan menjadi Ketua Majelis Jaringan Aktivis Prodem hingga saat ini. Iwan juga sempat maju di Pemilihan Legislatif (Pileg) DPR RI 2024 dari Daerah Pemilihan (Dapil) DKI Jakarta II. Pada saat itu, dia memperoleh suara sebanyak 12.546. Namun demikian, Iwan gagal mendapatkan kursi di Senayan. (james/rus) 


×
Berita Terbaru Update